Yang namanya kosmetik atau skincare itu pasti setiap saat penggunanya selalu bertambah. Ditambah mengingat banyaknya merk yang juga semakin beragam.

Dan bagi kalian yang termasuk salah satu produsen kosmetik, tentu kalian harus registrasi skincare bpom dahulu agar lebih terjamin keamanannya.

Apa yang Diperlukan?

Dokumen-dokumen yang kalian butuhkan untuk registrasi skincare bpom diantaranya,

  1. Surat aplikasi asli yang sudah ditandatangani direktur atau penggantinya, juga sudah ditempel.
  2. Salinan sebuah Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).
  3. Salinan sebuah Angka Pengenal Impor (API)
  4. Salinan sebuah Nomor Pelapor Wajib Pajak (NPWP)
  5. Salinan sebuah surat perizinan impor berbentuk sertifikat umum dari notaris.
  6. Izin dari obat-obatan terhadap impor barang.
  7. Daftar HS Code yang diimpor.

Proses Pendaftaran

Setelah perusahaan kalian sudah melakukan registrasi skincare bpom, barulah kalian akan memulai proses pendaftaran dengan langkah-langkahnya adalah,

  1. Persiapkan dokumen. Tentu kalian membutuhkan untuk mempersiapkan dokumen-dokumen semua produk kalian.
  2. Penyerahan produk. Segalanya kalian harus menyerahkan dan juga kalian akan menerima notifikasi dari BPOM dari setiap produk yang ingin kalian daftarkan.
  3. Nantinya BPOM akan mengumpulkan pembayaran untuk setiap produk yang kalian daftarkan.
  4. Notifikasi dari BPOM. Untuk proses normalnya  BPOM nantinya akan mengeluarkan notifikasi dalam 2 minggu setelah mereka menerima pembayaran kalian. Dan ketika sudah dikeluarkan, kalian bisa melakukan impor produk tersebut ke Indonesia. Dan notifikasi tersebut juga akan berlaku selama 3 tahun yang juga bisa kalian perpanjang.

Lama Proses Pendaftaran

Untuk lama proses pendaftarannya akan memakan waktu kurang lebih sekitar 1,5 sampai dengan 2 bulan.

Masa Berlaku Pendaftaran Produk

Untuk masa berlaku pendaftaran produk yang kalian daftarkan sendiri biasanya akan berlaku sampai 3 tahun sebelum pembaharuannya

Dan selama kalian mendaftarkan produk serta melakukan proses impor, kalian harus selalu berhati-hati, hal ini dikarenakan,

  1. Semua produk kosmetik kalian harus melalui Standar Nasional Indonesia atau SNI, percobaan. Hal ini akan termasuk dalam percobaan serta pembatasan terhadap masalah kecil, seperti mengandung logam berat dan juga logam yang dilarang.
  2. Setiap produk yang kalian daftarkan tentu harus aman, menguntungkan, mempunyai label yang jelas, kualitas, serta juga memiliki persyaratan untuk klaim. Hal ini telah diatur di peraturan kosmetik di indonesia serta daftar resmi standar nasional yang lain.
  3. Semua skincare harus mengikuti aturan yang telah berlaku untuk proses pemberian label, produksi, pengemasan, serta periklanan untuk produk-produk skincare indonesia.
  4. Memiliki terjemahan. Semua label produk yang didaftarkan harus mempunyai terjemahan kedalam Bahasa Indonesia agar dapat memastikan instruksi yang ditujukan ke konsumen itu akurat serta jelas.

Cara Mengecek Produk di BPOM

Setelah semua selesai melakukan registrasi skincare bpom, kalian bisa mencari produk kalian tersebut di website yang tersedia.

Lantas, bagaimana caranya?

  1. Kalian bukalah situs Cek Bpom.
  2. Jika sudah, masukan nama merek, nama produk, sampai kode registrasi di kolom yang ada, lalu klik cari.
  3. Setelahnya, semua produk yang sudah terdaftar pun muncul.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *