Mungkin hampir banyak orang yang belum mengetahui apa itu bondek untuk atap, dan apa fungsinya serta bagaimana bentuknya.

Dibawah ini, ada beberapa penjelasan tentang apa itu bondek untuk atap dan kelebihan ketika memakainya.

Apa itu Bondek?​

Bondek sendiri adalah suatu bahan galvanis yang dibentuk seperti seng bergelombang. Bondek untuk atap juga sekaligus didesain agar bisa mengkonversi suatu pemakaian besaran diameter besi serta mengkonversi ketebalan cor beton.

Kelebihan

Ketika memakai bondek untuk atap bangunan kalian, nantinya kalian akan menerima kelebihan tersendiri, yaitu,

  1. Bondek jika dipakai untuk pengganti bekisting, untuk cor beton sudah kering atau sudah 28 hari tidak harus dilepas, hal ini karena telah menjadi satu untuk menjadi kekuatan struktur.
  2. Jika memakai triplek atau bekisting kayu, akan memerlukan tiang serta balok untuk penyangga yang banyak, tapi dengan bondek nantinya akan bisa mengurangi hal itu.
  3. Dapat mengurangi jumlah waktu tenaga kerja ketika pemasangan bondek, dengan kata lain, memakai bondek akan lebih ekonomis serta efisien.
  4. Hasil cor betonnya lebih rapi serta tidak akan keropos akibat bekistingnya bocor.
  5. Dapat mengurangi beberapa jumlah diameter besi tulangan dari cor beton karena telah dikonversi dengan plat bondek.
  6. Beberapa bangunan yang memakai bondek, langit-langitnya terkadang tidak ditutup dengan plafon. Tapi dibiarkan terekspos dan hanya di finishing cat karena plat bondek tidak dapat berkarat.

Kelemahan

Suatu barang selain memiliki kelebihan, tentu memiliki kekurangan. Termasuk bondek, dan kekurangan dari bondek untuk atap diantaranya,

  1. Plat bondek tidak dapat dengan mudah dipotong karena ketika diaplikasikan di lapangan harus diukur dengan tepat tiap panjangnya.
  2. Dalam pemasangan bondek, sangat memerlukan alat bantu las listrik untuk menyambung antar masing-masing bondek agar terjadi tarik menarik.
  3. Dalam pemasangannya membutuhkan pekerja yang sangat berpengalaman saat memasangnya, karena tidak semua tukang bangunannya dapat mengerjakannya.
  4. Plat bondek tidak bisa disambung, maka dari itu diakhir potongan tepi plat galvanis bondek harus tepat diatas balok lantai.

Kalian bisa memakai penggunaan bondek untuk atap ini untuk beberapa bangunan. Walaupun memang tidak diperuntukan untuk hunian rumah tempat tinggal, kalian bisa memakainya untuk bangunan-bangunan yang lainnya.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *