Dalam dunia konstruksi terdapat beragam bahan atau material sebagai penyusun dari bangunan itu sendiri. Dan salah satu bahan ini ialah plat besi. Plat besi merupakan sebuah besi yang memiliki bentuk lembaran dengan penampang atau permukaan rata material ini hadir dengan ukuran plat besi yang sangat beragam. Dan salah satu jenisnya ialah plat bordes galvanis.

Umumnya plat besi memiliki ukuran standar yang telah ditetapkan dengan kisaran 4 x 8 feet dan tebal plat besi mulai dari 0,6 mm sampai 50 mm. Plat besi memiliki ukuran standar SNI sendiri dengan toleransi ukuran kurang lebih 0,1 mm. Dalam konstruksi bangunan terdapat beberapa jenis plat besi yang sering digunakan. Dari masing-masing jenis yang ada memiliki kualitas dan kualifikasi yang berbeda yang dapat anda sesuaikan dengan segala kebutuhan konstruksi rumah atau gedung.

Jenis Plat Hitam

Plat hitam merupakan jenis plat besi dengan ukuran plat besi per lembarnya 122 cm x 124 cm atau setara dengan 4 x 8 feet. Ketebalan dari plat besi hitam berkisar 1,2 mm sampai 200 mm. Jenis ini masuk dalam jenis umum untuk struktur baja profil. 

Fungsi dari plat besi hitam sering diaplikasikan sebagai penguat atau bahkan untuk dijadikan sebagai dudukan pada material profil. Selain itu, plat hitam juga sering dimanfaatkan dalam bahan baku pembuatan tangki serta beberapa produk material lainnya.

Jenis plat kembang

Selian plat bordes galvanis terdapat jenis plat kembang yang memiliki permukaan atau penampang bertekstur. Plat kembang juga dikenal dengan nama plat berlian atau plat lantai. Memiliki ukuran plat per lembarnya sekitar 1,2 m x 2,4 m dengan ukuran tebal plat besi sangatlah beragam dan juga bervariasi.

Dan untuk penggunaannya sering diaplikasikan pada lantai bangunan, lantai untuk sarana transportasi (damkar, kereta, bus, dan angkutan umum), dan lantai pada anak tangga bangunan. Memiliki permukaan yang bertekstur, membuat orang yang berjalan diatasnya tidak akan mudah terpeleset, sebab permukaannya yang mengantisipasi licin. Jadi sangat aman digunakan.

Jenis Plat Kapal

Sesuai dengan namanya, jenis plat besi satu ini dipakai dan digunakan pada pembuatan atau instalasi kapal dan juga material konstruksi serta fabrikasi. Tidak hanya untuk kapal, plat kapal juga dimanfaatkan untuk pembuatan tangki dan masih banyak lainnya. jika dibandingkan dengan jenis bahan lainnya, plat kapal lebih tahan terhadap korosi.

Memiliki ciri khas yakni panjang dan lebar yang lebih relatif. Dari segi ukuran serta berat juga sangatlah beragam. Dengan panjang 6000 mm, dengan lebar berkisar dari 1800 mm dan 1500 mm.

Jenis Plat Strip

Pada plat strip memiliki bentuk menyerupai papan kayu dengan ukuran standar. berkisar antara panjang 6 m dan lebar mulai dari 19 mm hingga 200 mm. Untuk ketebalan sendiri, antara 3 mm hingga 12 mm. 

Khusus untuk plat strip, biasanya digunakan pada pagar, jendela, teralis pintu,dan beberapa konstruksi untuk pengaman lainnya. Kelebihan plat strip ini memiliki bahan material yang mudah untuk ditekuk. Anda cukup menggunakan las, dan plat strip dapat dibentuk sesuai dengan kebutuhan.

Jenis Plat Bordes

Dan terakhir terdapat plat bordes galvanis. Bordes sendiri merupakan area datar pada bagian tangga yang biasanya dipakai untuk mengistirahatkan kaki. Umumnya diaplikasikan pada tangga bangunan dengan anak tangga lebih dari 12. Serupa dengan plat kembang, yang mana memiliki tekstur pada permukaannya. Sehingga mengurangi pemakai dari risiko terpeleset.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *