Seperti yang telah Anda ketahui bahwa Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS sangatlah berperan penting dalam sistem keamanan perbankan. Tapi tahukah Anda darimana sumber dana yang didapatkan oleh LPS dan bagaimana cara pengajuan klaim ke LPS jika sewaktu – waktu bank yang dijamin LPS mengalami masalah dan bangkrut. Nah untuk menjawab semua itu, maka berikut ini penjelasan lengkapnya. 

  1. Sumber dana Lembaga Penjamin Simpanan

LPS adalah lembaga yang berfungsi menjamin simpanan para nasabah bank. Nah untuk bisa menjamin dana nasabah bank LPS memiliki sumber dana yang berasal dari beberapa sumber pendanaan seperti berikut ini : 

– Modal awal atau sumber modal yang diperoleh dari kekayaan negara yang dipisahkan sebesar 4 Triliun. 

– Sumber dana yang lain diperoleh dari uang kontribusi yang dibayarkan pertama kali oleh setiap bank yang dijamin LPS, sebagai syarat menjadi peserta LPS. 

– Sumber dana yang selanjutnya juga diperoleh dari pembayaran premi penjaminan yang dibayarkan oleh bank setiap bulannya. 

– Yang terakhir adalah hasil dari investasi dana cadangan penjaminan tersebut. 

  1. Cara pengajuan klaim ke LPS

Nah yang selanjutnya Anda juga harus mengetahui bagaimana langkah – langkah dan proses pengajuan klaim dana Anda ke Lembaga Penjamin Simpanan. Karena hal ini sangat penting jika sewaktu – waktu terjadi masalah pada lembaga bank yang Anda gunakan. Nah berikut ini adalah beberapa cara untuk melakukan pengajuan klaim ke Lembaga Penjamin Simpanan. 

– Pertama, pastikan terlebih dahulu bahwa bank yang Anda gunakan untuk menyimpan dana tersebut adalah bank yang terdaftar dan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan. 

– Kedua, siapkan dokumen asli dan fotocopy identitas diri Anda seperti KTP / Paspor / SIM yang Anda gunakan untuk mendaftar sebagai nasabah bank tersebut. 

– Ketiga, siapkan juga dokumen asli dan fotocopy mengenai bukti kepemilikan simpanan dana Anda di bank tersebut, contohnya seperti buku tabungan atau bilyet deposito. 

– Keempat, siapkan pula dokumen – dokumen yang mungkin diperlukan seperti surat keterangan kehilangan bukti simpanan dan lainnya. 

– Kelima, setelah semua bukti dan dokumen – dokumen yang dibutuhkan lengkap maka Anda tinggal menyerahkannya ke pihak LPS. 

– Keenam, pihak LPS akan melakukan proses rekonsiliasi dan verifikasi data Anda dan menentukan simpanan nasabah yang wajib untuk dibayarkan. 

– Yang terakhir untuk proses pencairan dana ini selambat – lambatnya 5 hari kerja setelah proses verifikasi. 

Selain itu hal penting yang juga harus Anda ketahui adalah jangka waktu maksimal pengajuan klaim dana Anda ke LPS adalah 5 tahun terhitung sejak bank yang dijamin LPS tersebut tutup dan dicabut izin usahanya.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *